Rabu, 08 Agustus 2007

Muntah-Muntah Malem-Malem

Kemarin Ayah memenuhi janjinya untuk ngajak Teteh dan Ade ke rumah Gerlong. Tapi waktu itu sudah sore. Ayah bilang kalo mau ikut, harus tidur siang dulu. Saking pengennya pergi ke rumah Ayah, Teteh dan Ade bener-bener tidur siang. Sebenarnya ingin ikutnya Teteh dan Ade adalah karena di depan rumah Ayah ada Wulan yang udah bisa naik sepeda roda dua. Teteh dan Ade pengen sekali bisa naik sepeda roda dua seperti Wulan.
Akhirnya pergi ke dan pulang dari rumah Ayah sukses. Sesudah itu, bahkan Ade makannya banyak dan cepet. Mungkin karena seneng. Tapi pas malemnya ada kejadian yang selalu sudah diduga sama Ayah dan Mama, yaitu Ade muntah. Gak tahu kenapa, pokoknya kalo Ade makan banyak pasti nggak lama sesudahnya muntah, apalagi kalo menjelang tidur malem. Nah, kali ini Ade sedang batuk dan pulang dari rumah Ayah mungkin kena angin. Muntah itu bener-bener kejadian. Bahkan dua kali.
Mama biasanya marah kalo Teteh atau Ade muntah. Marahnya karena selalu Teteh dan Ade nggak bisa nahan sampe muntahnya keluar di kamar mandi. Biasanya Teteh kalo muntah, meski jarang, bisa agak sadar dan cepet ke kamar mandi, tapi kalo Ade, biasanya kalo mau muntah malah suka seperti ngelamun dulu. Diem aja. Tahu-tahu muntahnya keluar dan tumpah di kasur. Itu yang bikin Mama marah, soalnya malem-malem di tengah tidur mesti bangun dan mengganti seprei.
Tadi malem itu muntahnya Ade nggak sampe tumpah di seprei, tapi keluar di jalan menuju kamar mandi. Ayah udah cepet-cepet bawa Ade, tapi muntah itu udah keburu keluar. Udah selesai muntah, badan Ade lalu digosok dengan minyak kayu putih sama Mama dan bajunya diganti. Ketika udah tidur lagi, Ayah dan Mama sama-sama ngelihatin Ade. Mama bilang kondisi Ade makin drop sejak masuk sekolah. Kelihatannya badannya lebih kurus. Apalagi nafsu makan selalu nggak ada.
Pas pagi tadi mau berangkat sekolah, badan Ade ditimbang. Sekarang beratnya 12 kilo. Padahal terakhir 14 kiloan. Ayah beli obat untuk nafsu makan untuk mengganti buyung upik yang selama ini dipake untuk itu.

Tidak ada komentar: